Tahun ini Desa Dukuhseti Mentargetkan Masuk Kategori Desa Wisata, Beberapa Persiapan dilakukan

  • Feb 23, 2024
  • DUKUHSETI-DUKUHSETI

DUKUHSETI – Banyaknya potensi wisata yang dimiliki Desa Dukuhseti semakin menggugah untuk mencanangkan Desa Wisata pada tahun 2024 ini.

Pada Kamis (22/02/2024) sekira pukul 12.30 WIB, Desa Dukuhseti mendapat kunjungan dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kab. Pati untuk melakukan survei awal persiapan pembentukan calon Desa Wisata Dukuhseti Tahun 2024.

Dukuhseti memilih spot pantai cinta yang diajukan sebagai andalan wisata alamnya. Selain wisata alam, Desa Dukuhseti juga kaya akan kuliner, kesenian, kerajinan dan adat istiadat. Kuliner khas Dukuhseti diantaranya adalah olahan seafood utamanya kerang – kerangan dan ikan asap, brayo yaitu makanan berbahan dasar dari tanaman mangrove, nasi jagung, jungkruk, wedang cemoe dll. Bahan olahan seafood didapatkan langsung dari nelayan setempat yang tentunya masih fresh.

“Desa Dukuhseti ini potensi lautnya sangat tinggi, maka ini sangat baik jika diperkenalkan kepada wisatawan yang tentunya juga akan membantu sistem perekonomian warga setempat”, ungkap Kabid Destinasi Pariwisata Dinporapar Kab. Pati saat melakukan kunjungan.

Selain potensi alam dan kulinernya, Desa Dukuhseti juga memiliki wisata religi yaitu makam waliyullah Mbah Brojoseti yang merupakan cikal bakal Desa Dukuhseti dan juga makam Mbah Sayyid yang letaknya di ujung pantai Congot Dukuh Slempung. Terdapat juga kesenian barongan dan musik burdah yang masih kental dilestarikan oleh masyarakat Desa Dukuhseti.

Saat ini Dukuhseti mengejar untuk lolos penilaian menjadi Desa Wisata dengan melakukan beberapa persiapan yang telah tertuang di peraturan dinas kepariwisataan.

“Terdapat 12 persyaratan yang wajib dipenuhi oleh calon Desa Wisata, dimana Dukuhseti ini telah memenuhi beberapa persyaratan untuk menunjang hal tersebut. Kedepannya tinggal memoles lagi”, Jelas oleh Staff Dinporapar Kab. Pati.

Kemauan untuk menjadi Desa Wisata ini merupakan dorongan dari masyarakat Dukuhseti.

“Masyarakat kami memiliki kemauan dan dorongan yang sangat kuat untuk bersama-sama mengawal Desa Dukuhseti menjadi Desa Wisata pada tahun 2024. Banyaknya potensi alam, kuliner seafood, kesenian dan kebudayaan merupakan peluang Desa Dukuhseti untuk lolos menjadi Desa Wisata Tahun 2024”, Ungkap Kades Dukuhseti.

Sebelum beranjak dari Desa Dukuhseti, rombongan Dinporapar Kab. Pati diajak mengunjungi langsung pantai cinta dan lokasi yang nantinya menjadi pusat olahan seafood dan oleh – oleh khas Dukuhseti. (Nj/Humas Desa Dukuhseti)