Kirab Budaya, Perwujudan Rasa Syukur atas Hasil Bumi yang Melimpah

  • Jun 03, 2023
  • DUKUHSETI-DUKUHSETI
  • SENI DAN KEBUDAYAAN

DUKUHSETI - Masih dalam semerak suasana sedekah bumi Desa Dukuhseti tahun 2023, masyarakat Desa Dukuhseti menggelar kirab budaya Sabtu, (03/06/2023). Puluhan ancak turut menghiasi kirab tersebut.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kirab budaya dengan iring-iringan ancak masih menjadi tradisi yang melekat bagi masyarakat Desa Dukuhseti.

Kirab diikuti oleh Pemdes Dukuhseti dan seluruh masyarakat Desa Dukuhseti. Baris terdepan ditempati oleh Bapak Kepala Desa Dukuhseti beserta istri. Diikuti di barisan belakangnya perangkat desa, BPD dan masyarakat Desa Dukuhseti. Rute kirab dimulai dari kediaman Kepala Desa Dukuhseti menuju ke Maqam Mbah Brojoseti yang merupakan danyang atau sesepuh Desa Dukuhseti.

Puluhan ancak yang turut mengiringi kirab berisi hasil bumi. Ada sayuran, polowijo, ikan bandeng, nila dan jajanan. Tak lupa juga nasi bungkus yang dibagikan kepada warga setelah sowan kepada Mbah Brojoseti.

“Nasi itu dibagikan kepada warga sebagai sedekah, dimulai dengan sowan Mbah Brojoseti yang merupakan danyang Desa Dukuhseti”, ungkap Ahmad Rifa’i.

Dengan adanya kirab budaya, harapan Ahmad Rifa’i tentunya masyarakat Desa Dukuhseti semakin guyub.

“Arak-arakan itu sebagai rasa kebersamaan dan guyub masyarakat Desa Dukuhseti”, ujar Ahmad Rifa’i.

Selain itu Ahmad Rifa’i menambahkan bahwa sedekah bumi ini sebagai ungkapan syukur dan menambah kemakmuran desa.

“Harapannya menjadi desa yang maju, makmur loh jinawi murah sandang, pangan dan papan. Dijauhkan dari bala’ dan diberikan kehidupan yang tentram dan bahagia”, tambahnya. (M. Lailun Najih)