Penghijaun Desa Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan

PENGHIJAUAN DESA SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN

Penghijauan Desa menjadi salah satu program kepedulian terhadap lingkungan. Mahasiswa KKN IAIN KUDUS 2021 melaksanakan kegiatan penghijauan di Desa Dukuhseti pada hari Minggu, 03 Oktober 2021. Penghijauan Desa menjadi salah satu program kerja yang dilakukan oleh kelompok KKN IAIN KUDUS 2021 dengan tujuan utama sebagai kepedulian terhadap lingkungan agar tingkat keasrian, kesejukan serta keramahan lingkungan desa tetap terjaga. Terdapat 14 jenis bibit pohon yang ditanam yaitu nangka, matoa, durian, salam, pete, tabe buya, jambu biji, flamboyan, alfukat, pucuk merah, mahoni, trambesi, jengkol, dan sengon. Pemilihan jenis-jenis pohon mengacu pada jenis pohon yang memiliki tingkat produktif dengan orientasi jangka panjang sehingga diharapan pohon-pohon tersebut dapat memberikan rasa Asri dan sejuk bagi desa agar desa tidak terlihat gersang. Selain itu, pohon yang masuk dalam kategori tanaman buah juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Dukuhseti. Kegiatan penanaman dan penghijaun pohon ini dimulai dari sekeliling lapangan Desa Dukuhseti berada di Dusun Srebut. Kegiatan penghijauan desa ini didampingi secara langsung oleh Kepala Desa Dukuhseti Bapak Ahmad Rifa’i, M.H beserta Perangkat Desa Dukuhseti, Karang Taruna, serta tim KKN IAIN Kudus dan Masyarakat sekitar dengan antusias memberikan dorongan demi terlaksanakannya program tersebut.

(Penyerahan bibit tanaman Oleh KKN IAIN Kudus Kepada Kepala Desa)

Pelaksanaan kegiatan berlangsung pada pukul 07.00  WIB s/d selesai dibuka secara simbolis oleh Kepala Desa Dukuhseti Bapak Ahmad Rifa’i, M.H dan dilanjutkan oleh Perangkat Desa, Karang Taruna serta mahasiswa KKN IAIN Kudus dan Masyarakat Desa. Jumlah bibit yang di tanam sekitar 50 batang dari 14 jenis bibit. Program kegiatan ini kami rangkai dengan pembagian bibit pohon produktif kepada masyarakat.

(Penanaman Bibit Pohon KKN IAIN Kudus bersama Kepala Desa)

Kegiatan penghijauan desa adalah salah satu program kerja dalam KKN IAIN Kudus, Harapannya melalui kegiatan penghijauan di Desa Dukuhseti tersebut masyarakat dapat lebih peduli dengan lingkungannya dan kami tim KKN IK-IAIN Kudus sangat berharap kepada masyarakat agar bisa merawat dan menjaga bibit pohon ditanam sehingga bisa tumbuh besar seperti yang diharapkan. Dukuhseti, Kamis (07/10/2021)

Penulis

KKN-IK IAIN Kudus 2021

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan