BERSAMA TIM KKN IPMAFA PEMDES DUKUHSETI GELAR PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN

Dukuhseti – Pati (6/8) Pemerintah Desa Dukuhseti bersama Tim KKN Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) desa Dukuhseti menyelenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan PKP-PIRT, di Balai Desa Dukuhseti, Rabu (6/8/2019).

Membantu pengajuan izin PIRT menjadi salah satu program unggulan Tim KKN desa Dukuhseti. Mahasiswa KKN desa Dukuhseti bekerja sama dengan sesama Tim KKN dari desa Kembang, desa Sumur, dan desa Medani. Selain itu, Tim KKN desa Dukuhseti juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (DKK) Kab. Pati dan Pemerintah desa Dukuhseti.

Salah satu mahasiswa KKN desa Dukuhseti Laila Atmim Nurona menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada pengelola/pemilik PIRT agar mengetahui hal-hal tentang tata cara mendapatkan perizinan usaha, cara pengemasan, Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan serta tidak ketinggalan Hygiene Sanitasi untuk PIRT itu sendiri.

“Pelatihan ini bertujuan agar pelaku usaha rumah tangga dan industri mempunyai PIRT. Kita bekerja sama untuk membeli produk-produknya. Secara bertahap, ini dilakukan agar akses masyarakat yang punya usaha semakin banyak dan semakin banyak pula yang punya akses untuk memasuki pasar minimarket maupun supermarket,” bebernya.

Dengan mengikuti kegiatan tersebut pengelola PIRT akan mendapatkan sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kab. Pati untuk melengkapi persyaratan perizinan PIRT.

Kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta pemilik usaha PIRT di Kabupaten Pati.

Kepala Desa Dukuhseti Sukarji dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim KKN IPMAFA desa Dukuhseti yang telah membantu para Usaha Rumah Tangga untuk memperoleh PIRT.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada semua pihak terkhusus kepada TIM KKN IPMAFA desa Dukuhseti yang telah sudi membantu dan membimbing kepada para usaha industri rumah tangga yang ada di desa dukuhseti sehingga nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat” terangnya.

Dalam pelatihan ini sebagai salah satu Narasumber dari Dinas Kesehatan (DKK) Kab. Pati Ibu Agung Tri Hartanti, Amd. menjelaskan tentang bagaimana tata cara mendaftarkan produk pangan agar mendapatkan Sertifikat Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP–IRT).

Kemudian dilanjutkan Narasumber lain, Ibu Retno Edie Hayuningrum,Skm. yang menjelaskan tentang keamanan pangan seperti dalam cara pembuatannya, cara pengemasannya, Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan serta Hygiene Sanitasi.(wr)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan