GEBYAR SEDEKAH BUMI DESA DUKUHSETI DIMERIAHKAN DENGAN SEPEDA SANTAI DAN GOYANG RIA IBU-IBU PKK

DUKUHSETI-Bertempat di perempatan Tanggul Desa Dukuhseti Kec.Dukuhseti Pati, Sabtu 13/7 dihebohkan dengan kegiatan Karnaval Sepeda Santai dan dilanjutkan dengan kegiatan Bergoyang ria yang melihatkan ibu-ibu Kader PKK se-Desa Dukuhseti. Acara ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Sedekah Bumi/Besih Desa Dukuhseti Tahun 2019.

Setiap bulan Apit (jawa) Hampir Semua Desa di Kabupaten Pati pada umumnya melaksanakan kegiatan tradisi budaya yaitu Sedekah Bumi. Sama halnya dengan Desa yang terletak di pesisir utara ini tak ketinggalan selalu mengadakan kegiatan tradisi tersebut. Kegiatan Sedekah Bumi Desa Dukuhseti Tahun ini mengadakan berbagai kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan antara lain:

Tahlil

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Rabu malam Kamis 10/7 bertempat dirumah Kepala Desa Dukuhseti yang diikuti oleh Perangkat Desa,BPD,LPMD,Ketua RT/RW ,Toga maupun Tomas. Dalam kegiatan ini harapannya untuk mendo’akan para Leluhur dan sesepuh Desa yang sudah tiada. Dalam Sambutannya Ngalimun selaku Kasi Kesra Desa Dukuhseti mengatakan bahwa Sedekah Bumi/Shodaqoh Bumi tak lain adalah dari dua kata yaitu Sedekah dan Bumi yang artinya Sedekah Abu/abi dan Umi yang artinya Bapak dan Ibu.

‘Sedekah Bumi itu dari kata sedekah dan Bumi yang artinya Sedekah Abu dan Umi (bapak dan ibu) maka dari itu kita sebagai anak sudah sepantasnya mikul duwur menden jero asmane wong tuwo ‘ujarnya.

RITUAL KE MAKAM MBAH BROJOSETI

Kegiatan ini adalah inti dari kegiatan Sedekah Bumi dimana Kepala Desa beserta Perangkat Desa dan Lembaga Desa mengadakan ritual yang disebut Dondang. Dondang adalah berupa bancakan (-jawa) syukuran berupa membawa makanan ke makam untuk diberikan ke pada warga yang mengikuti ritual tersebut, dengan harapan supaya masyarakat desa Dukuhseti diberikan keselamatan dan keberkahan oleh Allah SWT, sehingga Desa Dukuhseti menjadi Desa yang adil makmur dan sejahtera.

Kegiatan selanjutnya adalah Kegiatan Kesenian yang sudah menjadi tradisi di Desa Dukuhseti yaitu Kesenian Wayang Kulit dan Kethoprak. ini sebagai budaya yang tidak akan terlupakan sehingga generasi muda nanti tau makna dan mau melestarikan seni dan budaya tradisional.

Selain Kesenian, dalam Kegiatan Sedekah Bumi Desa Dukuhseti selalu mengadakan kegiatan keagamaan yaitu menyelenggarakan Pengajian Umum dengan tujuan agar masyarakat Desa Dukuhseti juga tidak lepas dari norma-norma agama. Dalam Sambutannya Bapak Kepala Desa Dukuhseti Sukarji menyampaikan bahwa kegiatan ini (Sedekah Bumi ) tidak akan terlaksana tanpa partisipasi dari masyarakat

“Kegiatan Sedekah Bumi yang Kami laksanakan saat ini tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa partisipasi dan kerja keras masyarakat dan semua elemen yang ada di Desa sehingga acara demi acara yang sudah kita susun bersama bisa berjalan lancar tanpa ada aral suatu apa. Harapan Kami semoga persatuan dan Kesatuan yang sudah terbangun ini selalu bisa terjaga sehingga kedepan Desa Dukuhseti yang kita cintai ini bisa menjadi desa yang maju mandiri dan sejahtera” harapnya.(WRN)

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan